Dari Buka Salon Sampai Potong Rambut Gratis Demi Sang Ayah

SEBELUM terjun di dunia politik, setelah tuntas menyelesaikan pendidikan S1, Rita Widyasari kembali ke Tenggarong dan meneruskan kegiatannya membuka usaha di bidang pendidikan keterampilan bernama Ketopong College, sebuah pendidikan keterampilan kursus Bahasa Inggris. Unit usaha lain yang pernah dibuka Rita adalah salon kecantikan.

“Saya benar-benar mengawalinya dari nol dan tidak segan untuk menanganinya secara langsung. Seperti di salon, saya sendiri menata ruangannya. Bahkan saya sendiri mengikuti kegiatan kursus potong rambut dan merias hingga ke Singapura dan Shanghai, China. Saya kalau melakukan pekerjaan pasti totalitas,” jelas Rita.

Menariknya, Rita pernah menjadi timses ayahnya, almarhum Syaukani HR (ketika itu berpasangan dengan Samsuri). Inilah titik pertama Rita belajar politik secara luas dengan total berkecimpung di dalamnya.

“Saya tidak ingin tinggal diam. Selain ingin menerjuni dunia politik secara total, saya ingin bapak menang (ketika itu),” tegasnya.

Rita kemudian mendirikan timses yang diberi nama “Baca PS2” atau Barisan Cantik Pendukung Syaukani–Samsuri. Uniknya, anggota timses ini diisi kaum perempuan dan waria. “Menjadi leader bagi kaum wanita dan waria ternyata enggak mudah, tapi saya harus belajar,” kenangnya.

Tugasnya cukup berat. Rita harus berkeliling ke-18 kecamatan dan ratusan desa di Kukar. Kampanye yang dilakukan Rita juga tergolong unik. Ia melakukan pendekatan kepada masyarakat Kukar dengan menggelar demo kecantikan dan memotong rambut secara gratis. Ini dilakukannya sendiri.

Lewat cara inilah kemudian Rita dikenal akrab masyarakat Kukar dan secara namanya semakin mengakar hingga kini. (*)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s