ENDING

SEJUMLAH warga menyiramkan ember berisi air ke badan Rita Widyasari, saat melintas di pusat Kota Tenggarong. Hasilnya, seluruh badan Bupati Kutai Kartanegara ini basah kuyup. Alih-alih marah atas tindakan warganya tersebut, Rita justru merasa gembira. Bahkan sesekali tertawa lepas dengan warga yang menyiramnya.

“Hanya di Kutai Kartanegara, disiram di jalan enggak boleh marah,” ujar Rita Widyasari, Minggu (30/7).

Wajar Rita tidak marah. Pasalnya, saling siram air di jalan atau Belimbur merupakan tradisi dari ritual penutup Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) yang telah berlangsung sejak 22 hingga 30 Juli 2017.

Tradisi ini menjadi wujud rasa syukur masyarakat atas kelancaran pelaksanaan EIFAF. Selain itu, Belimbur memiliki maksud filosofis sebagai sarana pembersihan diri dari sifat buruk dari unsur kejahatan. Air yang menjadi sumber kehidupan dipercaya sebagai media untuk melunturkan sifat buruk manusia.

Ritual ini dilakukan setelah upacara Rangga Titi berakhir. Dimulainya Belimbur ditandai dengan dipercikkannya air tuli atau air yang diambil dari Kutai Lama oleh Sultan kepada para hadirin. Setelah itu, masyarakat saling menyiramkan air kepada sesamanya. Ritual ini terbuka untuk masyarakat umum, kecuali orangtua yang membawa anak di bawah umur serta para lanjut usia.

Pada masa sekarang, tradisi ini berkembang menjadi festival penuh suka cita. Selain memiliki nilai filosofis, ajang ini juga menjadi sarana menjalin keakraban antar masyarakat dalam suasana yang jauh dari tata krama formal.

Seiring perkembangan zaman, masyarakat kini tidak sekadar menyiram secara harfiah. Ada beberapa di antara mereka yang sampai menggunakan media seperti pompa pemadam kebakaran atau membungkus air dalam kantong-kantong plastik. Bagi para remaja, festival ini menjadi ajang perang air antarsesamanya yang hanya terjadi setahun sekali.

“Love Erau, love belimbur,” tutup Rita dengan wajah berseri. (rmol.co)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s